RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
sekolah : SMA Kolombo Sleman
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Program : X
Semester :
1
Alokasi
waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi :1.Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan
Republik Indonesia (NKRI)
Indikator
· Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk
individu dan makhluk sosial
· Menganalisis pengertian bangsa dan unsur-unsur
terbentuknya bangsa
· Menganalisis pengertian negara dan unsur terbentuknya
Negara
A. Tujuan
Pembelajaran
· Siswa mampu mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu
dan makhluk sosial
· Siswa
dapat Menganalisis
pengertian bangsa dan unsur-unsur terbentuknya bangsa
· Siswa dapat menjelaskan pengertian negara dan unsur terbentuknya Negara
B. Materi
Ajar
· kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk
sosial
· Pengertian
dan unsur terbentuknya bangsa
· Pengertian
Negara dan Unsur-unsur terbentuknya negara
-
Rakyat
-
Wilayah
-
Pemerintah yang berdaulat
-
Pengakuan dari negara lain
C. Metode Pembelajaran
· Diskusi/kerja kelompok
· Tanya jawab
· Penugasan
D. Sumber dan Media Pembelajaran
·
Bambang
Tri Purwanto,Sunardi,2010,PKn untuk kelas X,Solo:Platinum
·
PKn
untuk kelas X,Musyawarah guru kabupaten Sleman
E. Alokasi Waktu : 2x45 menit
F. Kegiatan Pembelajaran
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendidikan karakter
|
1.
|
Pendahuluan
· Pengkondisaian kelas
· Memberikan pengantar singkat
Menyampaikan SK dan KD
|
15 menit
|
Disiplin
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
· Menggali pengetahuan siswa tentang tanya
manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial
· Siswa dibagi dalam kelompok untuk mendiskusikan
pengertian bangsa dan unsur-unsur terbentuknya bangsa dan pengertian negara
serta unsur terbentuknya Negara,setiap kelompok diminta untuk menyertakan
pendapat mereka.
Elaborasi
· Membahas hasil diskusi
· Menerima pertanyaan dari kelompok
lain
b.
Konfirmasi
c.
Guru menyimpulkan dan memberikan argumentasi tentang
hasil diskusi
|
60 menit
15 menit
25 menit
20 menit
|
Peduli lingkungan dan sosial
|
3.
|
Penutup
· Evaluasi/tanya jawab
· Memberikan tugas
|
15 menit
|
Respek
|
G.
Penilaian
NO
|
Indikator Pencapaiaan
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Nilai
|
Jumlah
|
||||
1.
|
· Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk
individu dan makhluk sosial
|
Tertulis
|
Terlampir
|
2
|
2.
|
· Menganalisis pengertian bangsa dan unsur-unsur
terbentuknya bangsa
|
Tertulis
|
Terlampir
|
1
|
3.
|
· Menganalisis pengertian negara dan unsur terbentuknya
Negara
|
Tertulis
|
Terlampir
|
2
|
Instrumen soal, kunci/penyelesaian
dan pedomen penilaian (terlampir)
Mengetahui ,
Sleman ,02 Agustus
2012
Guru pengampu
Mahasiswa
Drs. Akhmad Zainuri Arif Syaifudin
NIP :195504201979031010 NIM : 09009084
LAMPIRAN
NO
|
Soal
|
Kunci/Penyelesaian
|
Skor
|
1.
|
Apa yang dimaksud manusia sebagai makhluk
sosial?
|
Yaitu manusia memiliki kebutuhan,kemampuan,kebiasaan
berkomunokasi dan berinteraksi dengan kelompok lain, dan manusia selalu ingin
hidup dengan manusia lain
|
100
|
2.
|
Jelaskan pengertian negara menurut J.H.A.
Logemann?
|
Negara adalah organisasi
kemasyarakatan yang dengan kekuasaan nya mengatur dan mengurus masyarakat
tertentu
|
100
|
3.
|
Sebutkan sifat-sifat negara?
|
Memaksa,
mempunyai sifat monopoli, mencakup semua.
|
100
|
4.
|
Mengapa manusia tidak dapat
hidup sendiri?
|
Manusia
merupaka Homo socius, homo yang berarti manusia sedang socius yang artinya kawan, manusia
tidak mungkin memenuhi kebutuhan nya sendiri oleh karena itu manusia tidak
bisa hidup sendiri
|
100
|
5.
|
Sebutkan unsur-unsur terbentuknya negara?
|
1.Rakyat
2.Wilayah
3.Pemerintah
yang berdaulat
4.Pengakuan
dari Negara lain
|
100
|
PEDOMAN PENILAIAN
SETIAP SOAL BETUL SKOR 100
NA: 500/5 : 100
Tidak ada komentar:
Posting Komentar