RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
sekolah : SMA Kolombo
Sleman
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas/Program : X
Semester : 1
Alokasi
waktu : 2 x 45
Standar Kompetensi :1.Memahami hakikat bangsa
dan Negara KesatuanRepublik Indonesia
(NKRI)
Kompetensi Dasar :1.2Mendeskripsikan
hakikat Negara dan bentuk-bentuk kenegaraan
Indikator
· Menganalisis
pengertian Negara
· Mendeskripsikan
asal mula terjadinya negara
· Menguraikan
pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara
·
Membandingkan bentuk-bentuk kenegaraan
A. Tujuan Pembelajaran
· Siswa mampu menganalisis pengertian
Negara
·
Siswa dapat mendeskripsikan asal mula terjadi nya
Negara
· Siswa mampu menguraikan pentingnya
pengakuan oleh negara lain bagisuatu Negara
· Siswa dapat membandingkan
bentuk-bentuk kenegaraan
B. Materi Ajar
· Hakikat
Negara
· Asal
mula terjadinya Negara
· Pentingnya
pengakuansuatu Negara dari Negara lain
· Bentuk-
bentuk kenegaraan
C.
MetodePembelajaran
· Diskusi/kerjakelompok
· Tanya jawab
· Penugasan
D. Sumberdan
Media Pembelajaran
·
Bambang
Tri Purwanto,Sunardi,2010,PKn untuk kelas X, Solo:Platinum
·
PKn
untuk kelas X,Musyawarah guru kabupaten Sleman
E. AlokasiWaktu : 2x45 menit
F. Kegiatan
Pembelajaran
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
AlokasiWaktu
|
Pendidikan karakter
|
1.
|
Pendahuluan
· Pengkondisaian kelas
· Memberikan pengantarsingkat
Menyampaikan SK dan KD
|
15 menit
|
Disiplin
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
·
Menggali
pengetahua nsiswa tentang pengertian dan hakikat Negara dengan Tanya jawab
·
Siswa diminta untuk berdiskusi
dengan teman sebangku dengan materi,pentingnya pengakuan suatu Negara dari
Negara lain dan bentuk- bentuk kenegaraan
Elaborasi
· Membahas hasil diskusi
b.
Konfirmasi
c.
Guru menyimpulkan dan memberikan argumentasi tentang
hasil diskusi
|
60 menit
15 menit
25 menit
20 menit
|
Pedulilingkungan dan social,
kerjasama
|
3.
|
Penutup
· Evaluasi/tanyajawab
· Memberikan tugas
|
15 menit
|
Respek
|
G. Penilaian
NO
|
Indikator Pencapaiaan
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Nilai
|
Jumlah
|
||||
1.
|
Menganalisis pengertian Negara
|
Tertulis
|
Esay
|
1
|
2.
|
Mendeskripsikan
asal mula terjadinya negara
|
Tertulis
|
Esay
|
2
|
3.
|
Menguraikan
pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara
|
Tertulis
|
Esay
|
1
|
4.
|
· Membandingkan bentuk-bentuk
kenegaraan
|
Tertulis
|
Esay
|
1
|
Instrumensoal, kunci/penyelesaian
dan pedoman penilaian (terlampir)
Mengetahui ,Sleman ,02 Agustus 2012
Guru pengampu
Mahasiswa
Drs. AkhmadZainuri ArifSyaifudin
NIP :195504201979031010
NIM : 09009084
LAMPIRAN
NO
|
Soal
|
Kunci/Penyelesaian
|
Skor
|
1.
|
Apa
pengertian dari Negara menurut Aristoteles?
|
Negara
(polis) ialah persekutuan dari keluarga dan desa guna memperoleh kehidupan
yang sebaik-baik nya
|
100
|
2.
|
Sebutkan
proses terjadinya Negara secara primer?
|
1.
Fase
genootschaap/ Negara suku/Clain
2.
Fase
kerajaan/Rijik
3.
Fase
Negara Imperium
4.
Fase
Negara kebangsaan
5.
Fase
Negara demokrasi atau diktator
|
100
|
3.
|
Apa
yang dimaksud dengan teori ketuhanan dalam proses terjadinya negara secara
teoritis?
|
Negara
terjadi karena kehendak tuhan, dengan asumsi bahwa segala sesuatu di dunia
ini diciptakan oleh tuhan, di Negara dengan teori ini raja dalam membuat keputusan
sering memekai istilah by the grece of
god yang artinya kami raja atas perkenaan Tuhan
|
100
|
4.
|
Sebutkan
alasan Negara mangakui keberadaan negara lain?
|
1. Alasan ketertiban dan keamanan
2. Alasan ekonomi
|
100
|
5.
|
Apa
yang dimaksud dengan negara koloni?
|
Koloni
adalah daerah atau Negara yang diperintah oleh Negara/bangsa lain dan segala
urusan pemerintahan diatur oleh Negara lain yang menjajah, jadi Negara
jajahan tidak memiliki hak untuk menentukan nasaibnya sendiri
|
100
|
PEDOMAN PENILAIAN
SETIAP SOAL BETUL SKOR 100
NA:500/5:100
Tidak ada komentar:
Posting Komentar