Selasa, 09 Oktober 2012

RPP KELAS X SK 1 KD 2


                            RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah                  : SMA Kolombo Sleman
Mata Pelajaran                 : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Program                 : X
Semester                          : 1
Alokasi waktu                 : 2 x 45
Standar Kompetensi        :1.Memahami hakikat bangsa dan Negara  KesatuanRepublik Indonesia (NKRI)
Indikator
·      Menganalisis pengertian Negara
·      Mendeskripsikan asal mula terjadinya negara
·      Menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara
·      Membandingkan bentuk-bentuk kenegaraan
A. Tujuan Pembelajaran
·      Siswa mampu menganalisis pengertian Negara
·      Siswa dapat mendeskripsikan asal mula terjadi nya Negara
·      Siswa mampu menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lain bagisuatu Negara
·      Siswa dapat membandingkan bentuk-bentuk kenegaraan
B. Materi Ajar
·      Hakikat Negara
·      Asal mula terjadinya Negara
·      Pentingnya pengakuansuatu Negara dari Negara lain
·      Bentuk- bentuk kenegaraan
C.  MetodePembelajaran
·      Diskusi/kerjakelompok
·       Tanya jawab
·      Penugasan
D. Sumberdan Media Pembelajaran
·         Bambang Tri Purwanto,Sunardi,2010,PKn untuk kelas X, Solo:Platinum
·                      PKn untuk kelas X,Musyawarah guru kabupaten Sleman
E.  AlokasiWaktu            : 2x45 menit
F.  Kegiatan Pembelajaran
NO
Kegiatan Pembelajaran
AlokasiWaktu
Pendidikan karakter
1.
Pendahuluan
·    Pengkondisaian kelas
·    Memberikan pengantarsingkat
     Menyampaikan SK dan KD
15 menit
Disiplin

2.
Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi
·    Menggali pengetahua nsiswa tentang pengertian dan hakikat Negara dengan Tanya jawab
·   Siswa diminta untuk berdiskusi dengan teman sebangku dengan materi,pentingnya pengakuan suatu Negara dari Negara lain dan bentuk- bentuk kenegaraan
Elaborasi
·    Membahas hasil diskusi
b.      Konfirmasi
c.        Guru menyimpulkan dan memberikan argumentasi tentang hasil diskusi
60 menit
15 menit







25 menit

20 menit
Pedulilingkungan dan social,
kerjasama
3.
Penutup
·   Evaluasi/tanyajawab
·   Memberikan tugas
15 menit
Respek


G.    Penilaian
NO
Indikator Pencapaiaan
Teknik
Bentuk Instrumen
Nilai
Jumlah
1.
Menganalisis  pengertian Negara
Tertulis
Esay
1
2.
Mendeskripsikan asal mula terjadinya negara
Tertulis
Esay
2
3.
Menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara
Tertulis
Esay
1
4.
·      Membandingkan bentuk-bentuk kenegaraan
Tertulis
Esay
1
Instrumensoal, kunci/penyelesaian dan pedoman penilaian (terlampir)

Mengetahui ,Sleman ,02 Agustus 2012
     Guru pengampu                                                                     Mahasiswa


     Drs. AkhmadZainuri                                                            ArifSyaifudin
NIP :195504201979031010                                                  NIM :  09009084
LAMPIRAN
NO
Soal
Kunci/Penyelesaian
Skor
1.
Apa pengertian dari Negara menurut Aristoteles?
Negara (polis) ialah persekutuan dari keluarga dan desa guna memperoleh kehidupan yang sebaik-baik nya
100
2.
Sebutkan proses terjadinya Negara secara primer?
1.    Fase genootschaap/ Negara suku/Clain
2.    Fase kerajaan/Rijik
3.    Fase Negara Imperium
4.    Fase Negara kebangsaan
5.    Fase Negara demokrasi atau diktator
100
3.
Apa yang dimaksud dengan teori ketuhanan dalam proses terjadinya negara secara teoritis?
Negara terjadi karena kehendak tuhan, dengan asumsi bahwa segala sesuatu di dunia ini diciptakan oleh tuhan, di Negara dengan teori ini raja dalam membuat keputusan sering memekai istilah by the grece of god yang artinya kami raja atas perkenaan Tuhan
100
4.
Sebutkan alasan Negara mangakui keberadaan negara lain?
1.   Alasan ketertiban dan keamanan
2.   Alasan ekonomi
100
5.
Apa yang dimaksud dengan negara koloni?
Koloni adalah daerah atau Negara yang diperintah oleh Negara/bangsa lain dan segala urusan pemerintahan diatur oleh Negara lain yang menjajah, jadi Negara jajahan tidak memiliki hak untuk menentukan nasaibnya sendiri
100

PEDOMAN PENILAIAN
SETIAP SOAL BETUL SKOR 100
NA:500/5:100

Tidak ada komentar:

Posting Komentar