RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
sekolah : SMA Kolombo Sleman
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/
Program : X
Semester : 1
Alokasi
waktu : 2 x 45
Standar Kompetensi :1.Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan
Republik Indonesia (NKRI)
Indikator
·
Menguraikan
pengertian dan fungsi negara
·
Membandingkan berbagai teori tentang fungsi dan
tujuan Negara
·
Mendeskripsikan tujuan Negara Kesatuan Republik
Indonesia
A. Tujuan
Pembelajaran
·
Siswa
dapat menguraikan
pengertian dan fungsi negara
·
Siswa dapat membandingkan berbagai teori
tentang fungsi dan tujuan Negara
·
Siswa
mampu mendeskripsikan tujuan Negara Kesatuan Republik
Indonesia
B. Materi
Ajar
· Pengertian fungsi dan tujuan negara secara universal
·
Pengertian
dan tujuan NKRI
·
Perbandingan
berbagai teori tentang fungsi dan tujuan negara
·
Tujuan
NKRI yang terdapat dalam pembukaan UUD
1945
C. Metode Pembelajaran
· Diskusi/kerja kelompok
· Tanya jawab
· Penugasan
D. Sumberdan Media Pembelajaran
·
Bambang
Tri Purwanto, Sunardi, 2010, PKn untuk kelas X, Solo: Platinum
·
PKn
untuk kelas X, Musyawarah guru kabupaten Sleman
E. AlokasiWaktu : 2x45 menit
F. KegiatanPembelajaran
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
AlokasiWaktu
|
Pendidikan karakter
|
1.
|
Pendahuluan
· Pengkondisaian kelas
· Memberikan pengantar singkat
Menyampaikan
SK dan KD
|
15 menit
|
Disiplin
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Eksplorasi
· Menggali pengetahuan siswa tentang Pengertian fungsi dan tujuan negara secara universal
dengan metode tanya jawab atau diskusi terbuka
·
Siswa diminta untuk berdiskusi kelompok tentang Pengertian dan tujuan NKRI,Perbandingan berbagai teori tentang fungsi dan tujuan
negara dan Tujuan NKRI yang terdapat
dalam pembukaan UUD 1945
Elaborasi
· Membahas hasil diskusi
b. Konfirmasi
c. Guru
menyimpulkan dan memberikan
argumentasi tentang hasil diskusi
|
60 menit
15 menit
25 menit
20 menit
|
Pedulilingkungandan social,
Kerjasama,
Membangun sika pnasionalisme
|
3.
|
Penutup
· Evaluasi/Tanya jawab
· Memberikan tugas
|
15 menit
|
Respek
|
G.
Penilaian
NO
|
Indikator Pencapaiaan
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Nilai
|
Jumlah
|
||||
1.
|
Menguraikan pengertian dan fungsi negara
|
Tertulis
|
Esay
|
1
|
2.
|
Membandingkan berbagai teori
tentang fungsi dan tujuan Negara
|
Tertulis
|
Esay
|
2
|
3.
|
·
Mendeskripsikan tujuan Negara Kesatuan Republik
Indonesia
|
Tertulis
|
Esay
|
1
|
Instrumensoal, kunci/penyelesaian dan
pedoman penilaian (terlampir)
Mengetahui ,Sleman ,02 Agustus 2012
Guru pengampu Mahasiswa
Drs. Akhmad Zainuri
Arif Syaifudin
NIP :195504201979031010
NIM : 09009084
LAMPIRAN
NO
|
Soal
|
Kunci/Penyelesaian
|
Skor
|
1.
|
Sebutkan
apa yang tekandung dalam teori Negara kesejahteraan kebebasan tentang tujuan
Negara?
|
Dalam teori ini tujuan Negara
adalah mensejahterakan rakyat. Negara harus bertindak adil kepada warganya
secara seimbang.
|
100
|
2.
|
Jelaskan
perbedaan tujuan Negara menurut plato dengan Roger f soultau?
|
Plato: tujuan Negara adalah untuk
memajukan kesusilaan manusia sebagai mahluk individu dan mahluk social
Roger f soultau : tujuan Negara
untuk mengusahakan rakyat berkembang dan menciptakan kreasinya sebebas-bebas
nya
|
100
|
3.
|
Sebutkan fungsi negara secara umum?
|
a.Tugas
esensial yaitu untuk mempertahamkan Negara seperti memelihara ketertiban,
perdamaian dan ketentraman, serta melindungi warganya, dan memperthankan
kemerdekaan
b.Tugas
fakultatif, yaitu tugas untuk dapat menyejahterakan, baik
moral,intelektual,,social, maupun ekonomi
|
100
|
4.
|
Sebutkan isi dari tujuan negara menurut teori
individualisme?
|
Tujuan
Negara adalah tidak boleh ada campurtangan dalam urusan pribadi, ekonomi,dan
agama. Kebebasan individu diberikan sebanyak-banyak nya. Contoh Negara yang
menganut fahan ini adalah Amerika Serikat
|
100
|
5.
|
Sebutkan
tujuan Negara Indonesia menurut UUD 1945?
|
1.Melindungi segenap bangsa
Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia
2.memajukan kesejahteraan umum
3.mencerdaskan kehidupan bangsa
4.ikut
serta melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi
dan keadilan social
|
100
|
PEDOMAN PENILAIAN
SETIAP SOAL BETUL SKOR 100
NA:500/5
:100