RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah : SMA Negeri 8
Yogyakarta
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas/Program : XI/IPA
Program Layanan : -
Semester : 2
Jumlah Pertemuan : 1
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis Budaya Politik di Indonesia
Kompetensi
Dasar :3.3 Menunjukkan
sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
Indikator
·
Mengidentifikasi sikap keterbukaan dan keadilan
·
Memberikan contoh sikap keterbukaan dan keadilan di
lingkungan sekolah, dan masyarakat
·
Memberikan penilaian tentang sikap keterbukaan dan
keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
A.Tujuan
Pembelajaran
·
Siswa dapat mengidentifikasi sikap keterbukaan dan keadilan
·
Siswa mampu memberikan contoh sikap keterbukaan dan keadilan di lingkungan sekolah,
dan masyarakat
·
Siswa dapat memberikan penilaian tentang sikap keterbukaan dan keadilan dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara
B.Materi Ajar
·
Sikap keterbukaan dan keadilan
·
Bentuk sikap yang mencerminkan keterbukaan dan
keadilan
·
Sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa
dan bernegara
C.Metode Pembelajaran : Diskusi, ceramah, penugasan tanya
jawab, kerja kelompok
A.
Sumber dan Media
Pembelajaran
·
Budiyanto,
(2007), PKn SMA Kelas XI, Jakarta,Erlangga
·
Bambang
Suteng, (2007),PKn SMA Kelas XI, Jakarta, Erlangga
·
Wijianto,
(2007), PKn Untuk SMA dan MA Kelas XI, Jakarta, Piranti.
·
Marsono, (2002), UUD 1945, Jakarta, CV. Eko Jaya.
D.Alokasi Waktu : 1x 20 menit
E.Kegiatan Pembelajaran
Tujuan Pembelaaran:
·
Siswa dapat mengidentifikasi sikap keterbukaan dan keadilan
·
Siswa mampu memberikan contoh sikap keterbukaan dan keadilan di lingkungan sekolah,
dan masyarakat
·
Siswa dapat memberikan penilaian tentang sikap keterbukaan dan keadilan dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara
No.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendidikan Karakter
|
1.
|
Pendahuluan:
·
Pengkondisian
kelas
·
Tes awal
·
Memberikan
pengantar singkat
|
5
Menit
|
Religius
|
2.
|
Kegiatan Inti :
a.
Eksplorasi
·
Mengidentifikasi sikap keterbukaan dan keadilan
·
Berdiskusi
dengan kelompok untuk mencari contoh sikap keterbukaan dan keadilan di
lingkungan sekolah, dan masyarakat
·
Masing-masing
kelompok memberikan penilaian tentang
sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
b.
Elaborasi
·
Membahas
hasil diskusi
·
Menerima
pertanyaan dari kelompok lain
c.
Konfirmasi
·
Memberikan
argumentasi tentang hasil diskusi
|
10
Menit
|
Kerjakeras Demokratis
Kreatif
|
3.
|
Penutup
Klarifikasi materi:
·
Mengidentifikasikan sikap keterbukaan dan keadilan
·
Mengemukakan contoh sikap keterbukaan dan keadilan di lingkungan sekolah, dan
masyarakat dan
memberikan
penilaian tentang sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa
dan bernegara
|
5
Menit
|
Disiplin
|
F.Penilaian
No.
|
Indikator Pencapaiaan
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Nilai
|
|
Jumlah
|
Nomor
|
||||
1.
|
Mengidentifikasi sikap keterbukaan dan keadilan
|
Tertulis
|
Uraian
|
1
|
1
|
2.
|
Memberikan
contoh sikap keterbukaan dan keadilan di lingkungan sekolah, dan masyarakat
|
Tertulis
|
Uraian
|
1
|
1
|
3.
|
Memberikan penilaian tentang sikap keterbukaan dan keadilan dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara
|
Tertulis
|
Uraian
|
1
|
1
|
·
Instrumen soal, Kunci/Penyelesaian dan pedoman
penilaian (terlampir)
Mengetahui, Yogyakarta,
30 Maret 2012
Mahasiswa
Dosen Micro
Arif Syaifudin Dra. Sriwahyuni
NIM ; 09009084 Nip 19660519199512
Terima kasih..
BalasHapusPasti bermanfaat..